Description
Reviews
Kaos Afrakids AF110 Doa Before You Eat

Rp 70.000,-

AF110
KAOS LENGAN PENDEK AFRAKIDS
KAOS ANAK

Kaos Afrakids AF110 Doa Before You Eat

Doa dalam Islam adalah merupakan cerminan sikap tawakkal dan simbol kerendahan dan ketidakberdayaan seseorang di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Berdoa menunjukkan bahwa kita adalah hamba yang tunduk kepadaNya, karena kita terus berharap untuk mendapatkan kebaikankebaikan dariNya. Islam adalah agama yang menganjurkan untuk selalu berdoa di manapun dan kapanpun. Doa yang sudah kita hafal semenjak kecil adalah doa sebelum makan.
“Ya Alloh berkahilah pada makanan yang telah Engkau rizkikan pada kami, dan jagalah kami dari api neraka.” (HR Abu Dawud)

Doa makan tersebut menunjukkan bahwa kita harus selalu berharap bahwa rezeki yang berupa makanan adalah keberkahan darinya. Hal ini merupakan tanda bahwa kita harus memastikan bahwa apa yang kita makan adalah rezeki yang halal sehingga Allah akan memberkahi kita.
Imam Ahmad mengatakan, “Jika dalam satu makanan terkumpul 4 (empat) hal, maka makanan tersebut adalah makanan yang sempurna. Empat hal tersebut adalah menyebut nama Allah saat mulai makan, memuji Allah di akhir makan, banyaknya orang yang turut makan dan berasal dari sumber yang halal.”

Manfaat lainnya dari doa sebelum kita makan adalah mencegah syetan dari ikut serta menikmati makanan tersebut. Diriwayatkan dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu mengatakan, “Apabila kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, maka kami tidak memulainya sehingga beliau memulai makan. Suatu hari kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba datanglah seorang gadis kecil seakan-akan anak tersebut terdorong untuk meletakkan tangannya dalam makanan yang sudah disediakan. Dengan segera Nabi memegang tangan anak tersebut. Tidak lama sesudah itu datanglah seorang Arab Badui. Dia datang seakan-akan didorong oleh sesuatu. Nabi lantas memegang tangannya. Sesudah itu beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya syetan turut menikmati makanan yang tidak disebut nama Allah padanya. Syaitan datang bersama anak gadis tersebut dengan maksud supaya bisa turut menikmati makanan yang ada karena gadis tersebut belum menyebut nama Allah sebelum makan. Oleh karena itu aku memegang tangan anak tersebut. Syetan pun lantas datang bersama anak Badui tersebut supaya bisa turut menikmati makanan. Oleh karena itu, aku pegang tangan Arab Badui itu. Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan syetan itu berada di tanganku bersama tangan anak gadis tersebut.” (HR. Muslim)
Untuk itu, kita harus selalu berdoa sebelum makan agar apa yang kita makan menjadi sebuah keberkahan. Sehingga sumber makanan yang kita peroleh pun harus jelas apakah haram atau halal, karena syarat keberkahan ada pada halal tidaknya sebuah makanan.
Ayah, Bunda… mari kita biasakan berdoa sebelum makan kepada anak-anak kita tersayang agar keluarga kita mendapat keberkahan dariNya. Sebagai orang tua, kita harus memastikan bahwa apa-apa yang kita berikan kepada keluarga kita adalah rezeki yang halal sehingga keluarga kita dapat terhindar dari api neraka. Semoga Allah memudahkan keluarga kita dalam hal ini ya Ayah, Bunda. Aamiin.

 

UKURAN :
Qty :